Ciri-Ciri Penyakit Miom

Selain bisa menjadi ganas, lebih sering muncul tumor jinak pada rahim atau mioma uteri. Jenis tumornya tidak hanya satu. Bisa tumbuh di bagian dinding luar rahim, pada otot rahimnya, atau bisa juga pada bagian dinding dalam rahim sendiri. Ini jenis tumor yang terbanyak ditemukan. Rata-rata pada wanita diatas umur 30 tahun. Penyebabnya masih belum jelas. Diduga ada kaitannya dengan hormon estrogen.

Tumor rahim yang bukan tumbuh pada dinding dalam rahim atau menonjol di endometrium, umumnya nyaris tidak bergejala atau keluhan apapun. Keluhan baru terasakan apabila ukuran tumornya sudah sedemikian besar, sehingga ada rasa penuh, rasa berat, dan rasa tidak enak di perut bagian bawah, atau seperti perempuan hamil. Selama tumornya masih kecil tidak terasakan apa-apa.

Mioma uteri pada dinding dalam rahim yang biasanya memunculkan gejala perdarahan. Bila mendadak muncul perdarahan, atau darah haid yag lebih banyak dari biasa, perlu dicurigai ini kemungkinan suatu mioma uteri.

Selain perdarahan abnormal, mungkin muncul keluhan nyeri. Keluhan ini tidak pada setiap kasus mioma. Hanya apabila mioma sudah mengganggu organ di sekitarnya, keluhan nyeri akan muncul.

Keluhan-keluhan yang sering dijumpai pada kasus mioma :

1. Perdarahan pervagina
2. Keluar cairan dari vagina ,
3. Nyeri perut,
4. Rasa perut tertekan,
5. Merasakan benjolan keras di perut.

Mioma yang menonjol ke rongga rahim sering tumbuh bertangkai. Apabila mioma mempunyai tangkai panjang, maka bola mioma nya kan keluar dari leher rahim, dan menyebul ke saluran vagina dan bahkan bisa keluar dari vagina (mioma geburt)

Tumor mioma uteri muncul sepanjang masa reproduksi wanita dan tidak ditemukan setelah menopause, tumornya akan mengecil sendiri, lalu menghilang.

Mioma dipertimbangkan jika akan diangkat apabila sudah mengganggu dan umur pasien masih jauh dari menopause. Apabila masih menginginkan untuk mempunyai anak, operasi hanya akan membuang mioma nya saja. Namun, pada wanita yang sudah mendekati menopause, operasi mengangkat seluruh rahim.

Operasi pada tumor mioma berupa pengangkatan massa tumor saja atau mengangkat tumor dan seluruh otot rahim. Secara umum dilakukan operasi miomektomi (pengangkatan tumornya saja) bila seseorang yang masih menginginkan fungsi reproduksi dipertahankan atau operasi pengangkatan rahim (histerektomi) bila usia penderita miom sudah menopause, atau keluhan perdarahan hebat. Pada masa lalu pengangkatan tumor mioma dilakukan bila mioma telah sebesar rahim saat usia hamil 12 minggu tanpa mempertimbangkan keluhan seseorang. Pada keadaan tertentu diberikan obat sejenis gonadotropin hormon, yang bertujuan meredam membesarnya tumor tersebut

Apabila tindakan operasi tidak memungkinkan, melihat kondisi pasien, maka dilakukan penyinaran. Dengan tindakan ini, indung telur akan ikut menyusut, sehingga sudah tidak bisa hamil lagi.


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Miom and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>